• Email: info.firstmedic@gmail.com
  • Call Us: +62778220555
Articles
Mengenal Diabetes dan Cara Pengobatannya

Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang ditandai dengan adanya kadar gula dalam darah yang tinggi. Akibat kadar gula (glukosa) yang di atas ambang normal, membuat glukosa tidak dapat diserap oleh sel tubuh dengan baik. Akibatnya glukosa menumpuk dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Perlu diketahui, glukosa adalah sumber energi bagi sel tubuh. Kadar gula dalam darah ini akan dikendalikan oleh suatu hormon yang diproduksi pankreas yaitu hormon insulin. Namun, pada penderita diabetes, pankreas tidak dapat memproduksi hormon insulin sesuai dengan kebutuhan tubuh. Hal inilah yang membuat, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap glukosa yang nantinya akan diubah menjadi energi.

Penyebab Diabetes

    Penyakit diabetes bisa disebabkan oleh beberapa hal, berikut penyebabnya:

  1. Disfungsi pankreas

    Diabetes bisa terjadi karena seseorang mengalami disfungsi pankreas. Kasus ini biasanya terjadi pada penderita diabetes tipe Pankreas tidak dapat memproduksi hormon insulin yang bertugas memecah makanan dan mengubahnya menjadi energi yang dibutuhkan tubuh. Saat pankreas tidak dapat bekerja sebagaimana fungsinya yaitu menghasilkan insulin, maka kadar gula dalam darah akan semakin meningkat dan menyebabkan diabetes.

  2. Keturunan

    Diabetes juga bisa terjadi karena faktor keturunan. Jika keluarga Anda memiliki riwayat diabetes, maka ada kemungkinan besar Anda bisa terkena diabetes. Artinya, kemungkinan terkena diabetes lebih besar jika anggota keluarga pernah mengalami diabetes pula.

  3. Terjadi invesksi virus

    Diabates juga bisa terjadi pada seseorang yang terkena infeksi virus. Virus bisa menyebabkan kerusakan sel di dalam tubuh. Beberapa virus yang bisa menimbulkan penyakit diabetes dan menyerang fungsi pankreas yaitu: cytomegalovirus, adenovirus, coxsackievirus B, rubella, serta gondong.

  4. Pola makan buruk

    Makanan tidak sehat seperti junk food yang dikonsumsi setiap hari, bisa memicu terjadinya diabetes. Tak hanya diabetes, pola makan yang buruk ini juga bisa menimbulkan penyakit lain seperti: tekanan darah tinggi, penyakit jantung, hingga obesitas. Oleh sebab itu, disarankan kepada Anda untuk memperhatikan pola makan sehari-hari. Konsumsi makanan yang bergizi seperti buah dan sayuran.

  5. Obesitas

    Orang yang terkena obesitas atau memiliki berat badan berlebihan lebih memiliki risiko terkena diabetes. Oleh sebab itu, bagi penderita obesitas disarankan untuk melakukan diet sehat, agar menurunkan risiko diabetes. Tak hanya terkena diabetes, obesitas juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang lain.

  6. Stress

    Tak hanya masalah fisik, gangguan psikologis seperti stress juga bisa menyebabkan seseorang terkena diabetes. Kondisi stress karena tugas yang terlalu banyak atau permasalahan hidup lainnya, membuat banyak orang mengatasinya dengan mengonsumsi makan-makanan manis. Sayangnya, makanan yang mereka konsumsi terkadang melebihi batas normal. Akibatnya, terlalu banyak makan makanan manis bisa menyebabkan seseorang terkena diabetes. Hal ini biasanya rentan dialami oleh anak muda.

  7. Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol

    Rokok dan alkohol mengandung zat berbahaya yang dapat memicu masalah kesehatan. Kebiasaan merokok dan minum-minuman beralkohol meningkatkan risiko terkena diabetes. Kebiasaan buruk tersebut mengganggu metabolisme tubuh dan menghambat pankreas memproduksi insulin.

  8. Kurang istirahat

    Kurang istirahat atau kurang tidur juga bisa membuat seseorang rentan terkena diabetes. Kebiasaan begadang menjadi pemicu terbesar terkena diabetes karena kurang istirahat. Hal ini dikarenakan, tubuh yang kurang istirahat akan mengganggu tubuh dalam memproduksi hormon, termasuk insulin. Hal inilah yang dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.

  9. Kurang beraktivitas fisik

    Malas bergerak atau kurang beraktivitas fisik juga bisa menimbulkan risiko terkena diabetes. Fisik yang kurang bergerak ini menyebabkan proses metabolisme tubuh melamban, akibatnya membuat seseorang bisa terkena diabetes. Oleh sebab itu, jika Anda orang yang sibuk, disarankan untuk tetap melakukan olahraga ringan setiap hari meskipun hanya 30 menit.

Kenali Jenis-Jenis Diabetes

Secara umum penyakit diabetes dibedakan dalam dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Berikut ini penjelasannya:

  • • Diabates Tipe 1

    Diabetes Tipe 1 disebabkan karena sistem kekebalan tubuh menyerang serta menghasilkan sel pankreas yang berperan memproduksi insulin. Hal tersebut membuat kadar glukosa darah menjadi semakin meningkat. Diabetes tipe 1 dikenal juga dengan istilah “Diabetes Autoimun”.

  • • Diabetes Tipe 2

    Sementara, diabetes tipe 2 ini merupakan jenis diabetes yang terjadi karena sel tubuh kurang sensitive terhadap insulin. Akibatnya, insulin yang dihasilkan oleh pankreas tidak dapat digunakan dengan baik oleh tubuh. Karena insulin tidak dapat digunakan untuk mengubah glokusa menjadi energi, maka kadar gula dalam darah tetap meningkat dan menyebabkan diabetes. Penderita diabetes tipe 2 ini lebih banyak daripada tipe 1, yaitu sekitar 90% - 95%.


Gejala Diabetes

Beberapa gejala yang ditimbulkan akibat penyakit diabetes yaitu:

  1. Sakit pada kaki dan mengalami mati rasa

    Daibetes menyebabkan beberapa kerusakan safat pada tubuh, salah satunya kaki. Orang yang terkena diabetes sering mengalami kesemutan, sakit di bagian kaki, hingga mati rasa.

  2. Pandangan kabur

    Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan penumpukan protein di dalam lensa mata. Hal ini menyebabkan gangguan lensa atau dikenal dengan istilah katarak. Kandungan gula darah yang tidak terkontrol menyebabkan pembuluh darah kecil di area mata terganggu dan tidak mampu bekerja dengan baik. Akibatnya pandangan menjadi kabur atau tidak jelas.

  3. Terjadi perubahan warna kulit

    Kadar gula dalam darah yang tinggi dapat mendorong pigmen menimbulkan bercak hitam pada area kulit. Biasanya ditandai dengan warna kulit menjadi gelap, bersisik, serta muncul kerutan dini.

  4. Mudah terserang penyakit lain

    Orang yang terkena diabetes memiliki sistem kekebalan tubuh yang menurun. Akibatnya mudah terserang infeksi bakteri atau penyakit lain. Beberapa risiko yang sering ditimbulkan yaitu infeksi pada lipatan kulit yang lembab, seperti infeksi pada tangan dan kaki, payudara, hingga di sekitar alat kelamin.

  5. Penyembuhan luka melambat

    Gula darah yang tinggi menyebabkan aliran darah ikut terganggu. Hal ini karena adanya kerusakan saraf dalam tubuh. Sehingga menyebabkan penyembuhan luka menjadi lebih lama.

Cara Mengobati Diabetes

Sebelum membuat kondisi kesehatan Anda makin memburuk, segera atasi diabetes dengan cara-cara berikut ini:


“WE DO NOT TRAIN TO PASS EXAM / ACCREDITATION, WE TRAIN TO PREPARE WHEN YOU ARE THE ONLY THING BETWEEN PATIEN AND GRAVE”
First Medic